Rabu, 14 April 2010

MENGENAL ANAK BERKESULITAN BELAJAR: bab 3

PADA USIA SEKOLAH

1.
Daya ingatnya terbatas (relatif kurang baik)
2.
Sering melakukan kesalahan yang konsisten dalam mengeja dan membaca, Misalnya atau biasanya, huruf d dibaca b (misalnya duku dibaca buku atau sebaliknya buku dibaca duku), w dibaca m (misalnya waru dibaca baru atau sebaliknya baru dibaca waru), p dibaca q , w dibaca m dan lain sebagainya. Bila ini yang terjadi mereka termasuk dalam kelompok berkesulitan belajar disleksia.
3.
Lambat untuk mempelajari hubungan antara huruf dengan bunyi pengucapannya.
4.
Bingung dengan operasionalisasi tanda-tanda dalam pelajaran matematika. Misalnya, tak dapat membedakan arti dari simbol – (minus) dengan simbol + (plus), simbol + dengan simbol x (kali) dan lain sebagainya.
5.
Sulit dalam mempelajari keterampilan baru, terutama yang membutuhkan kemampuan daya ingatnya.
6.
Sangat aktif dan tidak mampu menyelesaikan tugas atau kegiatan tertentu dengan tuntas. Kalau ini yang terjadi mereka termasuk dalam kelompok berkesulitan belajar hiperaktif atau GPPH (gangguan pemusatan pemikiran dan hiperaktifitas)
7.
Impulsif (bertindak tanpa dipikir terlebih dahulu)
8.
Sulit berkonsentrasi
9.
Sering melanggar aturan yang ada, baik di rumah maupun di sekolah
10.
Tidak mampu berdisiplin (sulit merencanakan kegiatan sehari-harinya)
11.
Emosional (sering menyendiri), pemurung, mudah tersinggung, cuek terhadap lingkungannya
12.
Menolak bersekolah
13.
Tidak stabil dalam memegang alat-alat tulis
14.
Kacau dalam memahami hari dan waktu



Sumber: http://specialneedskid.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar