Rabu, 14 April 2010

APA DAN BAGAIMANA “ASD” ITU !? : bab 9

Beberapa poin utama pendekatan ini:

* Mendorong munculnya atensi dan keakraban dengan menciptakan kegembiraan.
* Menciptakan komunikasi dua arah, dengan bermain.
* Mendorong munculnya ekspresi emosi dan penggunaan perasaan serta gagasan.
* Penanganan dengan mendorong anak dari pengalaman logis
* Pendekatan terapi wicara, hampir semua anak ASD mengalami kelainan bicara dan bahasa. Pertama seorang terapis wicara akan melakukan assesmen/observasi, lalu dievaluasi untuk selanjutnya dapat ditegakkan diagnosa kemudian akan ditentukan metode berdasarkan beberapa aspek gangguan wicara seperti :
o Gangguan bahasa: dislogia, afasia
o Gangguan bicara/artikulasi: dislalia, disatria, disglosia
o Gangguan suara: berbisik, serak, tidak ada suara (afonia/disfonia)
o Gangguan irama dan kelancaran: latah dan gagap

* Pendekatan terapi okupasi (OT)
Terapi ini selain fisik juga mencakup pengembangan intelektual, sosial, emosi, dan kreatifitas. OT identik dengan latihan motorik halus dan latihan motorik kasar.
Ada tiga fungsi dasar dari OT:

*
o Pemulihan fungsional, yaitu membuat pemulihan fungsi persendian, otot, dan kondisi tubuh pada umumnya sesuai kebutuhan.
o Fungsi persiapan, yaitu memberi peluang pada anak menghadapi tugas pekerjaan atau keterampilan yang sesuai dengan kecerdasan.
o Fungsi pemeliharan, yaitu menghindari penurunan mental, penurunan fungsi dan memelihara serta mengembangkan potensi kecerdasan.

Di atas adalah beberapa pendekatan yang lebih populer seklaipun terdapat beberapa pendekatan lain. Walaupun di antara pendekatan itu ada perbedaan dan pertentangan, tergantung anak itu sendiri. Perlu saya tekankan bahwa semuanya ternyata saling melengkapi dan apa pun pendekatan itu akan membawa ke arah perbaikan. Jarang sekali orangtua menggunakan satu pendekatan karena obyeknya adalah pertumbuhan dan perkembangan anak.

Contohnya: pendekatan Gleen Doman, pendekatan Son-rise, Teacch, PECS, AIT dan lain-lain.


Sumber: http://specialneedskid.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar